PROPOSAL USAHA
“BENTO BOX SAKURA”
Ringkasan Eksekutif
Usaha “Bento Box Sakura” direncanakan akan beroperasi di Perum Korpri Skip Baru,Temanggung. Struktur organisasi terdiri dari pimpinan , bagian keuangan,bagian produksi dan bagian pegiriman.
Usaha ini dipilih karena proses produksinya terbilang sederhana seperti masakan rumahan hanya ditambah dengan sentuhan garnish ala bento .Pengembangan tampilan dari nasi box menjadi bento ini adalah menjadi point tambahan yang diharapkan akan menjadi salah satu alasan menarik minat konsumen.Selain itu pada daerah yang direncakan sebagai tempat berproduksi dan beroperasi, belum ada pesaing yang memproduksi produk tersebut.
Bento box ini akan dijual dengan kemasan mika/tempat makan berbentuk box ala betoo khas makanan bento dari negara Jepang.Target pemasan adalah sekolah Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar dan warga/masyarakat daerah Temanggung dan sekitarnya. Produk Bento box ini sangat cocok digunakan untuk bekal anak sekolah,acara ulang tahun dan syukuran karena harga yang diatawarkan sangat terjangkau.
Promosi awal dilakukan dengan melakukan promo-promo melalui media sosail dan langkah berikutnya adalah melakukan promosi dalam acara-acara rukun warga ,dan promo yang masih menjadi rencana selanjtnya adalah mendatangi sekolah-sekolah untuk mengenalkan produk sekaligus menawarkan kerjasama untuk pengadaan makan siang bagi siswa .
Peluang untuk usaha sejenis catering ini mungkin tidak terlalu besar , hanya saja dengan point tambahan yang ditunjukan dari produk nasi bento ini diharapkan akan menarik minat konsumen sehingga meningkatkan nilai peluang penjualan.
Total biaya usaha ini adalah Rp. 5.439.878,37. Dengan R/C sebesar 1,408 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untukdilakukan karena pelau usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/Cration > 1)
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Nasi box adalah salah satu hal yang tidak asing dikalangan masyarakat dalam gelaran sebuah acara , baik itu formal maupun non formal. Hanya saja akan menjadi berbeda ketika nasi box yang di gunakan untuk acara formal dengan non formal , entah itu berbeda menu ataupun kemasannya saja .
Untuk menghadirkan warna baru dari ke khasan nasi box yang biasanya diperuntukkan hanya untuk acara-acara tertentu saja , terpikirkan untuk membuat inovasi yang sederhana namun memiliki potensi dan daya jual yang bagus .Inovasi nasi box dengan tampilan yang lebih menarik akan menjadikan nasi box bukan hanya pengisis acara tetapi diharapkan bisa juga di minati masyarakat sebagai menu sehari-hari , sebagai contoh untuk bekal sekolah dan kerja. Hal ini juga nantinya ,diharapkan akan menjadi sebuah kebiasaan baru bagi pelajar untuk lebih memilih membawa bekal dibanding membeli makanan sembarangan yang belum tentu terjamin kebersihannya .
Didukung cara pengolahan produk yang terbilang sederhana dan tidak membutuhkan peralatan yang rumit , pengembangan produk nasi box akan menjadi usaha yang dapat wujudkan dengan minim budget .
B. VISI DAN MISI
Visi
Mejadi Catering Service Yang Terdepan Dalam Inovasi Penyajian Makanan Dan Pelayanan Kepuasan Pelanggan
Misi
a. Mengutamakan kualitas dalam hal pelayanan dan penyajian makanan
b. Mengembangkan inovasi produk tanpa meninggalkan ciri khas rasanya .
Memepekerjakan SDM yang mumpuni dalam hal produk makanan
BAB II
ANALISA PRODUK , PELUANG PASAR & RENCANA PEMASARAN
A. Analisa Produk
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah nasi bento. Produk nasi bento yang dipasarkan adalah nasi putih beraneka bentuk dengan garnish nori serta dilengkapi dengan sayuran/selada/wortel, potongan sosis, telut puyuh dan nugget / ayam goreng.
Produk yang dihasilkan memiliki keunikan tersendiri dalam penyajiannya , sebab produk sejenis yang saat ini sudah ada dipasaran tidak menampilkan karakter-karakter yang membangun minat konsumen untuk membeli . Selain itu dari segi gizi , produk yang diproduksi memiliki macam-macam kandungan gizi seperti karbidrat, vitamin dan protein yang cukup.
B. Peluang Pasar
Peluang pasar untuk berbagai produk makanan sebetulnya tidak begitu besar ,akan tetapi budaya masyarakat modern yang konsumtif dapat menjadikan peluang yang tadinya hanya sedikit itu menjadi besar . Pesaing yang bergerak dibidang yang sama pun tidak menyediakan variasi makanan yang disajikan dengan tampilan dan kemasan yang menarik sehingga dari inovasi yang ada akan menjadi point tambahan bagi konsumen. Selain itu,produk yang akan diproduksi memiliki cita rasa yang masih menitik beratkan pada lidah Indonesia ,harga yang relative terjangkau , penyajian yang unik , dan macam-macam isi dari produk yang bervariasi serta disukai oleh masyarakat umum .
Saat ini masyarakat sangat kritis terhadap rasa dan tampilan makanan . oleh sebabnya apabila ada sedikit kreatifitas dalam penyajian suatu makanan , tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Hal lain yang mendukung potensi pasar dari pengembangan produk ini adalah, daya beli produk yang juga sangat bervariasi , dari kalangan bawah hinga kalangan atas karna harnganya yang relative terjangkau . Produk ini juga aman dikonsumsi untuk masyarakat dari usia 2 tahun sampai dengan orang tua .
C. Rencana Pemasaran
Produk
Produk yang akan dipasarkan adah Nasi Bento dalam kemasan mika plastic / box makan. Pada box akan di temple sticker dengan label “ Bento Box Sakura”. Produk yang dihasilkan memiliki kandungan gizi yang baik untuk usia >2 tahun.
Untuk awal produksi hanya nasi bento box dengan nasi putih,selanjutnya melihat minat konsumen. Apabila peminat konsumen tinggi maka akan di kembangkan produk lain ,namun tetap dikemas seragam dengan nasi bento.
Lokasi
Lokasi produksi di Perumahan Korpri Skip Baru, Rt 01 Rw 02,Sidorejo,Temanggung. Adapun sasaran pasar Bento Box ini adalah sekolah-sekolah baik Paud , TK ,atau SD serta untuk acara di rumah-rumah yang berada Temanggung dan sekitarnya .Untuk saat ini , Bento Box hanya melayani dengan system PO , jadi tidak ready setiap saat .
Harga
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain. Jika produk diminati dan antusiasme consumen terhadap produk tinggi , maka akan di tambahkan variasi-variasi menu lainnya yang tentunya dengan harga yang relative terjangkau.
Promosi
Untuk permulaan promosi dilakukan dengan menggunakan media sosisl seperti insatagram, facebook ,whatsapp group dan bbm . Kemudian dilanjutkan dengan mempromosikan produk pada saat acara-acara di sekolah-sekolah atau di kantor-kantor secara langsung .
BAB III
OPERASIONAL
A. Struktur Organisasi Perusahaan
a. Data Perusahaan
Nama : PIRT “ Bento Box Sakura”
Tempat : Perumahan Korpri Skip Baru, Rt 01 Rw 02,Sidorejo,Temanggung
b. Data Pengusaha
Nama : Sonia Hajah Chaulida
Tempat ,Tanggal Lahir : Temanggung , 09 Mei 1995
Pendidikan : SMK N 1 Temanggung (Teknologi Pengolahan Hasil
Pertanian)
Sedang menempuh pendidikan Strata 1 Program Studi
Teknik Industri Universitas Borobudur
c. Struktur Organisasi
a. Pimpinan
- Pemilik berperan sebagai pimpinan
- Bertanggung jawab terhadap semua kegiatan dalam usaha
- Pengambil keputusan
- Koordinator ,dan pengawas
b. Bagian PPIC dan Keuangan
- Kepala keuangan oleh pimpinan
- Bagian keuangan melakukan administrasi keuangan (laporan pembelian dan penjualan)
- Mengadakan dan untuk kebutuhan biaya tetap dan biaya variable
- Mengadakan kebutuhan produksi (bahan baku , bahan pengemas dan peralatan)
c. Bagian Marketing
Pemilik usaha berperan aktif untuk pemasaran produk
d. Bagian Produksi
- Bertanggung jawab terhadap persiapan bahan baku ,proses sampai dengan produk akhir
- Menjaga kebersihan area produksi dan peralatan produksi
- Menjaga kebersihan produk
- Menjaga mutu produk , termasuk rasa dan penampilan
e. Bagian pengiriman
- Memastikan produk sampai ditangan konsumen dengan tepat waktu
- Memastikan kondisi produk tetap baik dan aman,sampai di tangan konsumen
- Menerima pembayaran cash (COD) untuk selanjtunya diberikan kepada bagian keuangan
B. Rencana Produksi
1. Bahan :
a. Beras
b. Sosis
c. Nugget
d. Telur Puyuh
e. Selada
f. Wortel
g. Nori/Rumput Laut Kering
h. Air
2. Cara Membuat Bento :
a. Nasi bento
1. Pencucian beras sampai bersih
2. Masak beras seperti pada umumnya
3. Cetak nasi yang sudah matang , dengan aneka bentuk (sesuai pesanan konsumen)
4. Hias dengan nori , menyerupai bento-bento khas jepang
b. Sosis dan Nuget
1. Siapkan sosis dan nugget , potong sesuai selera
2. Goreng nugget dan sosis sampai matang
3. Tiriskan
c. Telur Puyuh
1. Cuci bersih telur puyuh
2. Rebus dalam air mendidih
3. Diamkan samapi tidak terlalu panas
4. Kupas kulit telur
d. Sayuran
1. Cuci selada dan wortel keudian tiriskan
2. Wortel dipotong sesuai selera
e. Bahan a samapai dengan d di setting/sajikan pada box
f. Selesai
BAB IV
ANALISA KEUANGAN
1. Analisa Biaya Usaha
a. Biaya Tetap
b. Biaya Varibael
Biaya variable per bulan adalah Rp 508.000,00 x 25 = Rp 12.700.000,00
c. Biaya Lain-Lain
d. Jumlah Biaya Usaha
e. Penerimaan, pendapatan dan R/C ratio usaha
R/C = total revenue : total cost
= 18.750.000 : 13.310.121,63
= 1.408
Berdasarkan hasil dari Tabel Analisis Biaya dan penghitungan diatas dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio > 1).
BAB V
ANALISA SWOT
1. Strengths (Kekuatan)
a. Proses pembuatannya mudah dan sederhana
b. Kualitas produk dan rasa terjamin
c. Harga jual terjangkau
d. Memanfaatkan media social dan kegiatan rukun warga untuk mempromosikan produk
e. Tempat produksi ada di wilayah perumahan yang dekat dengan sekolah dan perkantoran
f. Kemasan dan penyajian menarik dan berlabel
2. Weaknesses (Kelemahan)
a. Harga bahan baku (sayur selada dan wortel) yang relatif tidak stabil
b. Manejemen perusahaan masih sederhana
c. Proses produksi yang cukup lama (pada saat penataan di dalam box)
3. Opportunities (Peluang )
a. Pertumbuhan pasar dimungkinkan meningkat
b. Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan
c. Belum ada pesaing khususnya untuk pemasaran dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah
d. Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan besar dibidang produksi khususnya
4. Threats (Ancaman)
a. Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk
b. Munculnya pesaing baru
No comments:
Post a Comment